Rabu, 05 Oktober 2011

Waktu Adalah Uang...

Bagaimana Cara Memaksimalkannya

Tak banyak yang dibahas oleh Adam Khoo di bab ini. Ia hanya ingin pembaca bukunya menyadari bahwa pendapatan = nilai x waktu. Selain meningkatkan pendapatan melalui peningkatan nilai, kita juga harus menambah waktu kerja untuk mengerjakan pekerjaan yang menghasilkan nilai besar.
Ada pekerjaan yang menghasilkan nilai tinggi dan ada pekerjaan yang menghasilkan nilai rendah. Pekerjaan yang menghasilkan nilai tinggi misalnya pengembangan bisnis, penjualan, menemukan arus pendapatan baru, membuat strategi pasar, menindaklanjuti prospek, mengelola proyek, menerima umpan balik dari clien, dan hal-hal lainnya yang menghasilkan keuntungan. Sedangkan pekerjaan yang menghasilkan nilai rendah seperti mengecek email, menunggu, mengobrol, mengeluh dan lain-lain. Penting untuk diperhatikan bahwa tiap profesi memiliki nilai pekerjaan yang berbeda. Bagi profesi yang satu, sebuah pekerjaan bisa saja bernilai rendah. Namun bagi profesi yang lain pekerjaan tersebut bernilai tinggi.
Kita harus mengetahui apa saja pekerjaan yang memberi nilai tinggi dan apa saja pekerjaan yang memberi nilai rendah. Caranya ialah dengan mencatat selama jam kerja apa saja yang kita lakukan, berapa besar nilai dari pekerjaan tersebut. Langkah selanjutnya adalah fokus pada pekerjaan yang memberikan nilai besar dan mendelegasikan pekerjaan dengan nilai rendah ke orang lain. Dengan cara seperti ini kita dapat melipatgandakan penghasilan.
Sebuah tips utuk para pegawai yang terikat waktu kerja. Pada umumnya waktu kerja seorang pegawai ditentukan oleh atasan/perusahaan. Sehingga kita tidak dapat menambah waktu kerja. Cara yang terbaik adalah dengan mengerjakan hal-hal yang bernilai tinggi di jam kerja dan mengerjakan hal-hal yang bernilai rendah di luar jam kerja. Bila semuanya telah berjalan optimal, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan yang bernilai rendah kepada asisten. Langkah terakhir adalah minta kenaikan gaji dan pangkat. Perusahaan pasti bersedia melakukannya karena nilai yang kita berikan kepada perusahaan naik berkali-kali lipat sebagai akibat dari peningkatan nilai yang kita berikan kepada perusahaan.
Salam Miliuner
secrets-of-self-made-millioArtikel ini adalah bagian dari rangkaian bedah buku Secrets of Self-Made Millionaires karangan Adam Khoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar