Minggu, 29 Januari 2012

Penyimpanan Informasi pada Manusia

THE MULTI STORE MODEL OF MEMORY (HUMAN)
Penyimpanan informasi pada manusia
 
Sensory Memory StoreMenyimpan suatu informasi dalam waktu yang sangat singkat (a few tenths
of a second)
· Iconic – visual
· Echoic – sound/voice
· Haptic – touch
  •  Short-Term (working) Memory store
· Menahan informasi secara terbatas untuk suatu periode waktu/pendek (a
few second).
· Pengambilan informasi secara sementara
· Contoh untuk perhitungan-perhitungan yang ringan
35 * 6
5*6 + 30 * 6 (35*2)*3
Rata-rata seseorang dapat mengingat 7+-2, dibawah ini ada contoh urutan
angka:
2653976208
212348278493202
0121 414 2626
 12
cobalah diingat dan tulis kembali ke sebuah kertas, apa dapat diingat semua
angka tersebut dengan mudah?,. sekarang coba dengan memisahkan beberapa
angka menjadi seperti dibawah ini;
071 242 6378
angka diatas akan lebih mudah diingat, karena angka-angka tersebut di group.
  • Long-Term Memory
Permanent, Menyimpan informasi dalam jangka waktu yang tidak terbatas
contoh yang terdapat pada memori jenis ini adalah;
*Experience knowledge
 *Procedure rules
*From behaviour


INFORMASI

Informasi adalah suatu proses dan diterapkan dari:
· Reasonning :  suatu proses dimana kita menggunakan pengetahuan yang kita punyai untuk
mengambil suatu keputusan
· Problem solving : menyelesaikan masalah
Reasoning adalah suatu proses dimana kita gunakan knowledge yang kita punyai untuk
mengambil suatu kesimpulan.
* Deducative reasoning
Secara logica: Jika sekarang hari senin dia kuliah IMK, Sekarang Senin,
Maka dia kuliah IMK.
Terkadang sering terjadi suatu kesalahan
contoh:
Beberapa masyarakat adalah balita, beberapa balita menangis,
Maka kesimpulannya adalah Semua masyarakat menangis? , tentunya ini
tidaklah relevan
-Inductive reasoning
- Mengacu pada informasi sebuah kasus yang belum pernah ditemui.
- Sebagai contoh jika setiap gajah yang pernah kita temui mempunyai
gading, maka kita mengacu bahwa semua gajah mempunyai gading.
- Penggunaan/melihat dari sisi positif daripada sisi negatif
- Abductive reasoning
- Dari fakta sampai ke aksi
- Tahapan yang membuat terjadinya fakta dan aksi tersebut
Problem Solving adalah Menyelesaikan suatu masalah
*Gestalt theory
Kebiasaan (behavior), dengan jalan trial and error
-Problem Space teory (Newell and simon ):
“Dengan pengalaman untuk menyelesaikan suatu masalah akan lebih
mudah”.
Contoh:
Menyelesaikan masalah programming, kita perlu pengetahuan dari
bahasa (language) dan dimana program tersebut akan dioperasikan
- Analogy in problem solving
Is done by mapping knowledge relating to similar known domain to the new
problem -> analogical mapping
Thinking: Reasoning and problem solving
Thinking:
- Kemampuan menggunakan informasi untuk mengambil kesimpulan dan
menyelesaikan masalah.
Thinking di pengaruhi dari pengalaman yang didapat dari pengetahuan
(knowledge).
Untuk perhitungan pengurangan tidak dibutuhkan pengalaman/
pengetahuan yang cukup, namun untuk mengerti head-line suatu surat kabar
haruslah/dan menuntut pengetahuan misalnya; seperti tentang politik, sosial,
figur masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar